MAHASISWA BISNIS DIGITAL STUDY TOUR KE NTB MALL DAN STIPARK

stiamuhammadiyahselong.ac.id. Di penghujung tahun 2021, tepatnya Kamis 30 Desember 2021, mahasiswa Bisnis Digital Semester 3 unjuk gigi menyelenggarakan study tour. Dua lokasi yang dituju, yaitu NTB Mall dan StiPark NTB di Mataram.

Abdul Khalik, Dosen Pembimbing, lewat wa group dosen, menjelaskan, beberapa tujuan dari diadakannya kegiatan study tour ini, “1. Memperkenalkan dunia usaha pada mahasiswa melalui NTB Mall yang merupakan market place UMKM se Nusa Tenggara Barat yang pasarnya sudah tembus internasional; 2. Membuka peluang kerjasama dan kolaborasi antara pihak NTB Mall, Disperindag NTB, dan STIA Muhammadiyah Selong di masa depan; dan 3. Semoga dapat menjadi peluang kerja bagi lulusan Bisnis Digital STIA Muhammadiyah Selong di tahun selanjutnya.”

stiamuhammadiyahselong.ac.id. menanyakan, apakah tidak salah jalur study tour prodi Bisnis Digital ke Mataram Mall karena mereka offline ? Abdul Khalik menjawab, “Kalau Mataram mall mungkin iya, dia banyakan offline. Namun NTB Mall itu online. Kalau NTB Mall, saat pandemi kemarin pas lagi dipuncaknya itu menurut data yang disampaikan ke pihak Polda, keuntungan dari NTB Mall itu berkisar diangka 1 Milyar. Itu artinya, kebanyakan produk mereka dibeli melalui aplikasi NTB Mall itu sendiri. Jadi simbiosis mutualisme lah kerjasama ini, karena kita diberikan ilmu 24 SKS gratis sama pengelola NTB Mall.”

Ditambahkan oleh Salmi Yuniarti, Kaprodi Bisnis Digital, dengan suara khasnya, “Akan kami pastikan mereka akan memfollow akun STIA, akun pribadi saya saja di follow tadi malam sama StiPark. Yang salah itu kalau hanya satu pihak yang untuk sedangkan pihak yang lainnya terugikan. Mahasiswa mendapatkan ilmu dengan hanya membantu memfollow akun itu bukan sebuah objek penderitaan. Tidak lepas keuntungan sebuah ilmu personal mahasiswa saja tetapi keuntungan perguruan tinggi.”

Abdul Khalik, Dosen Pembimbing, lewat wa group dosen, menutup penjelasannya dengan mengatakan, “Kami sudah men-briefing mahasiswa. Nantinya wajib mereka tag pada tugas yang diberikan. Contoh di Digital Marketing, meraka punya tugas untuk mempromosikan produk yang mereka anggap menarik yang ada di NTB Mall itu nanti, sehingga ilmu mereka tentang analisis SWOT, branding, copywriting dan yang lainnya akan dipraktekkan di situ.” (aziz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Hubungi kami