Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga terhadap kepuasan masyarakat dan faktor-faktor pendukung serta penghambat pelayanan pembuatan Kartu Keluarga terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif-kualitatif. Bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, situasi, atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di dalam masyarakat, dan berupaya untuk menarik realitas itu sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model, tanda, atau gambar tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena. Pengumpulan informan menggunakan prosedur purposive. Analisis menggunakan model interaktifnya Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di DinasĀ Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur masih kurang maksimal, hal itu disebabkan masih buruknya beberapa indikator dari kualitas pelayanan seperti jaminan pelayanan, kondisi lingkungan, empati petugas pelayanan, daya tanggap petugas pelayanan serta komunikasi pelayanan. Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur yaitu komunikasi dilakukan dengan jelas dan konsisten antar pelaksana kebijakan serta sasaran kebijakan, dan efisiensi birokrasi. Disamping itu didukung pula oleh kebijakan pendukung yang efektif, motivasi pihak Dinas Dukcapil dan karakteristik positif penduduk. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pembuatan Kartu Keluarga diantaranya adalah masih kurangnya sumberdaya manusia dalam pelayanan pembuatan Kartu Keluarga yang tidak sebanding dengan banyaknya warga yang membuat Kartu Keluarga dan minimnya fasilitas baik sarana maupun prasarana yang ada serta prosedur pelayanan yang masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga
membuat pelayanan menjadi kurang maksimal.